Sharing Session Dengan Tema Kesehatan Jiwa Remaja
Sharing Session Dengan Tema Kesehatan Jiwa Remaja oleh Staff Balai Rehabilitasi BNN Baddoka

By redaktur 05 Des 2018, 09:17:19 WITA Kegiatan Balai
Sharing Session Dengan Tema Kesehatan Jiwa Remaja

Gambar : Kegiatan Sharing Session Staff Balai Rehabilitasi BNN Baddoka


Salah satu kegiatan yang dapat mendukung peningkatan pelayanan Rehabilitasi Medis di Balai rehabilitasi BNN Baddoka adalah kegiatan Sharing Session yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan Sumber Daya Manusia dalam pelayanan Rehabilitasi Medis di Balai Rehabilitasi BNN Baddoka. Kegiatan ini berlangsung setiap bulan berjalan. Tema sharing session kali ini adalah “Kesehatan Jiwa Remaja” yang dilaksanakan pada hari Senin, 03 Desember 2018 yang di bawakan oleh Wiwik Windiarsih, S.Kep dan Syaharuddin, S.Kep sebagai Perawat pelayanan pada seksi Rehabilitasi  Medis di Balai rehabilitasi BNN Baddoka dengan peserta sharing session adalah para staff di Balai Rehabilitasi BNN Baddoka.

Dalam kegiatan ini menjelaskan bahwa masa remaja merupakan masa transisi dimana remaja menghadapi tekanan-tekanan, masa kritis, mengalami banyak tantangan dan konflik, pencarian identitas diri, idealisme tinggi  serta suka berkhayal atau memiliki daya fantasi yang berlebihan. Psikosis adalah istilah medis yang merujuk pada keadaan mental yang terganggu oleh delusi atau halusinasi. Psikosis dapat menyerang siapa saja, baik dewasa, remaja hingga anak-anak. Sebagaimana kita ketahui bahwa manusia yang sehat adalah sehat secara bio, psiko, sosial dan spiritual. Namun jika muncul gejala prodromal yaitu periode perubahan perilaku, fungsi, peran serta sosial dapat menjadi risiko terjadinya psikosis.

Gejala prodromal seperti sulit konsentrasi, kecurigaan, perubahan cara melihat dan mendengar, pemikiran dan perilaku aneh menarik diri serta kebersihan diri kurang. Gejala ini dapat muncul pada remaja yang mengalami masa transisi yaitu perubahan kehidupan serta ketidakmampuan beradaptasi atau koping tidak efektif. Beberapa tindakan keperawatan yang telah dilakukan pada fase prodromal di Balai Rehabilitasi BNN Baddoka seperti terapi kognitif, perilaku dan psiko edukasi keluarga.

Sebagaimana kita ketahui bahwa tindak kekerasan, napza, bunuh diri dan gadget merupakan perilaku penyimpangan remaja yang menjadi trend dan isu global saat ini di Indonesia.  Upaya yang dapat dilakukan untuk mengimplementasikan program pencegahan perilaku penyimpangan remaja adalah meningkatkan kesadaran tentang pencegahan ( kesadaran sektor kesehatan dan masyarakat ), membina kemitraan lintas sektor, dan mengembangkan kapasitas pencegahan kekerasan pada remaja.

Upaya pendekatan keluarga juga sangat penting untuk dilakukan untuk mencegah berkembangnya perilaku penyimpangan pada remaja. Seperti pencegahan kenakalan remaja melalui sistem keyakinan keluarga ( belief system ) yaitu making meaning of adversity, positif outlook, dan spirituality. Pencegahan kenakalan remaja melalui pola organisasi keluarga ( organization pattern ) yaitu  flexibility, connectedness, sosial and economic resources. Dan pecegahan kenakalan remaja melalui proses komunikasi dalam keluarga ( communication process ) yaitu clarity, open emotional expression, collaborative problem-solving.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment



Time Line INFO BNN


JAJAK PENDAPAT

  • Korban penyalah guna Narkotika Lebih Baik Di Rehabilitasi Daripada Dipenjara, Menurut Anda?
      Sangat Setuju
      Kurang Setuju
      Tidak Setuju

KOMENTAR PENGUNJUNG

  • kata mutiara bahasa inggris

    suksess terus buat BNN ...

    View Article
  • kata mutiara bahasa inggris

    mantap pak, sosialisasinya kuat dan perlu ...

    View Article
  • Bray

    Assalamualaikum wr.wb. Saya ada saudara seorang Pecandu sabu yg sdh ingin bertaubat dan pernah ...

    View Article
  • Andi Pratama

    Apakah Pembuatan SKBN DI BNN DAERAH GRATIS MOHON INFO ...

    View Article

Link Terkait

STATISTIK PENGUNJUNG

  • User Online 2

  • Today Visitor 94

  • Hits hari ini 238

  • Total pengunjung 36464